Just another WordPress.com site

Separasi Pecah Warna dengan CorelDraw

Pecah warna atau separasi untuk percetakan offset atau bisa disebut color separation adalah proses memisahkan komponen warna menjadi warna pembentuknya seperti Cyan, Magenta Yellow dan Black untuk mode color CMYK demikian juga RGB. Pecah warna dilakukan sebagai syarat dalam percetakan yang membutuhkan pemisahan komponen warna. Sehingga untuk proses mecetak satu projek karya desain grafis dilakukan mecetak satu warna ( contoh : Cyan saja ) hingga selesai kemudian dilanjutkan mencetak warna kedua sampai warna terakhir.

Pecah warna bisa dilakukan dengan berbagai cara dan software. Pada pembahasan separasi warna ini saya akan membahas cara memecah warna menggunakan coreldraw yang bisa dilakukan dengan dua cara. Dalam hal ini cara otomatis menggunakan fasilitas dalam software dan cara manual yaitu memilah warna dengan mengubah angka pada warna pembentuknya.

Cara Otomatis

Cara otomatis dalam pecah warna adalah memecah warna menggunakan fasilitas dalam software dengan cara mengurai warna dari setiap objek karya desain menggunakan proses mencetak / print. Cara ini biasa digunakan dalam proses mencetak oleh pekerja Percetakan Offset.

Untuk melakukan proses separasi dalam coreldraw secara otomatis, ikuti langkah-langkah berikut

1.Masukkan objek desain dalam lembar kerja CorelDraw atau buka langsung projek Anda yang sudah ada dalam CorelDraw

color separations

2. Klik meu File > Print Preview

memecah warna dengan coreldraw

3. Klik menu Settings > Separations ( CTLR + S )

mencetak print separasi pecah warna

4. Lakukan proses mencetak

separasi warna dengan coreldraw

Cara Manual

Cara manual dalam pecah warna adalah memecah warna dengan mengurai warna pada setiap objek dalam lembar kerja menggunakan pengubahan angka warna dalam fill color dan outline color. Cara ini biasa digunakan untuk mengetahui hasil pecah warna pada file digital, dan kemudian mencetaknnya sesuai jumlah warna yang ada.

Ada juga yang berpendapat bahwa cara ini adalah cara yang tidak efektif karena kita harus mengurai warna setiap objek dalam lembar kerja satu persatu sehingga waktu pengerjaan tergantung pada jumlah objek yang kita buat dalam satu lebar kerja. Kita bisa bayangkan jika objek yang dipakai adalah ribuan objek tentunya akan sangat lama menggunakan cara ini.

1. Buka karya desain Anda atau import

2. Buat halaman baru pada lembar kerja tersebut sejumlah empat halaman sesuai dengan mode color CMYK, rename halaman baru tersebut sesuai dengan representasi mode color Cyan, Magenta, Yellow dan Blak untuk CMYK.

menambah halaman pada coreldraw

3. Duplikat atau copy dan paste objek desain anda pada halaman pertama (asli) ke semua halaman baru yang sudah dibuat dengan cara shortcut CTRL + C untuk proses copy dan CTRL + V untuk paste agar proses lebih cepat.

pecah warna master desain

4. Pertama kita akan buat warna Cyan, maka klik pada halaman Cyan. Menggunkana pick tool pilih salah satu objek pada halaman Cyan dan double klik pada fill color dan outline color untuk mengganti angkanya menjadi hanya warna Cyan saja.

teknik pewarnaan pada coreldraw

5. Setelah masuk pada pada dialog uniform fill atau ouline fill atau fountain fill maka kita harus mengubah warna selain warna Cyan menjai angka nol. Saya akan mencontohkan fountain fill atau hasil warna gradient. Klik from atau to untuk mengubah angka warna, klik other. Jika gradasi terdiri lebih dari dua warna maka pilih point yang diwakili oleh segitiga terbalik dibawah tulisan rom dan to.

separasi warna cetak

6. Setelah klik other di atas maka akan muncul dialog box lain yang akan sama ketika warna adalah warna bolk (fill color). Disinilah kita akan mengubah angka pembentuk warna. Karena kita mengubah pada halaman Cyan maka selain Cyan akan diubah menjadi warna nol.

ubah warna pada coreldraw

7. Lakukan proses pada poin 5 dan 6 untuk setiap objek pada page Cyan. Demikian Pula pada page lainnya, perbedaanyya adalah kita akan mengubah menjadi semua angka nol selain warna sesuai page. Conto pada page Magenta maka selain warna magenta harus angka nol, semikian seterusnya. Jika proses ini benar maka akan didapat hasil seperti gambar di bawah

warna separasi

Selamat Mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s