Just another WordPress.com site

Cara menggunakan Text Tool pada Corel Draw


Ilmu Grafis Desain Belajar Ilmu Tutorial CorelDraw Menggunakan Text Tool untuk pemula yg sering dipakai dalam membuat karya desain grafis menggunakan Corel Draw. Pada tutorial ini kita akan mempelajar bagaimana cara untuk membuat illustrasi dasar atau basic yang bisa dilakukan pada software desain grafis CorelDraw. Perlu diingatkan bahwa berapapun versi CorelDraw Anda, mulai coreldraw 9 sampai coreldraw X5 (terbaru sampai tulisan ini dibuat), tutorial ini masih bisa dipakai.
Nah, Vector yang biasa anda gambar di COREL ada 2 jenis, yaitu :
1. SHAPE, bentuk dasar ( bulat, kotak, polygon, Text, dsb ) yang hanya bisa diatur pada Align, Transformasi, Shaping, dan Order nya dan tidak bisa lagi di MODIFIKASI / diedit sesuai keinginan kita.
2. CURVE ( kurva terbuka dan tertutup ), Shape ( bulat, kotak, polygon, Text, dsb) yang udah di Convert menjadi curves. Curve ini bisa kita modifikasi dengan mengatur shape pointnya sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan kita. Caranya ?? Pilih shape> ctrl+Q!! Kemudian modifikasilah shape tadi dengan menggunakan SHAPE TOOL.!! Oke, lihat contoh dibawah ini :
Teks yang dibuat menggunakan text tool secara default berupa shape. Tulisan berupa kalimat yang dibentuk dengan text tool bisa di buat menjadi lebih menarik seperti membuat text melingkar atau menyesuaikan dengan lekukan garis yang dibuat dari bezier tool.
Cara menggunakan Text Tool pada Corel Draw
Langkah 1
Buat dokumen baru pada lembar kerja coreldraw dengan cara klik menu File > New [ CTRL+N ] kemudian klik OK.
Langkah 2
Pilih text tool yang ada pada toolbox. Kita akan lihat apa saja yang ada pada property bar.

Langkah 3
Ada dua buah macam tipe teks yang bisa dihasilkan dengan text tool, yaitu mode kata / kalimat dan mode paragraf.
Mode kata / kalimat
Untuk membuat mode kata / kalimat klik text tool pada lembar kerja dan tulis kata / kalimat. Untuk membuat garis baru tekan enter.
Mode paragraf
Untuk membuat mode paragraf klik tahan dan geser ke kakan / kiri, lepaskan. Tuliskan kalimat hingga membentuk paragraf. Untuk membuat paragraf baru tekan enter.

Notes :
Ketika sebuah tool shape terpilih dalam hal ini text tool, maka pada property bar akan ada pengaturan yang nantinya akan mempengaruhi hasil pembuatan sebuah shape. Property bar ini akan berbeda pada setiap tool yang aktif, namun ada beberapa yang sama, seperti ukuran, letak objek xy, ukuran garis, skala objek dan lain-lain.
Cara Mengedit Text Kata / Kalimat pada CorelDraw
1. Shape tool
Klik pick tool pada kemudian klik shape tool, klik kalimat dengan shape tool kemudian 1. arahkan mouse ke handle bawah untuk mengubah jarak antar kalimat, klik tahan dan geser 2. Arahkan mouse ke handle kanan untuk mengedit jarak antar teks, klik tahan dan geser 3. Arahkan mouse ke node untuk memindah dan memutar satu huruf pada node terpilih.
Pada property bar
Supercript digunakan untuk mengubah huruf menjadi kecil di atas
Subscript digunakan untuk mengubah huruf menjadi kecil di bawah

2. Pick Tool
Jika kita menggunakan pick tool maka kita akan bisa merubah jenis font pada property, membesarkan dan mengecilkan font dengan meng-klik tahan geser handle kotak bewarna hitam yang mengelilingi kalimat yang dipilih oleh pick tool.
Mode perataan ( align ) juga dapat diakses menggunakan tool ini dengan cara memilih dulu kalimat yang ingin di edit dan ubah align pada property bar. Ada tidak rata, rata kanan, rata kiri, rata tengah, rata kanan kiri dan rata full kanan kiri
Cara Mengedit Paragraf pada CorelDraw
Cara mengedit teks menggunakan shape tool sama dengan mengedit pada kalimat yang ada di atas. Untuk mode pembuatan kolom paragraf klik pick tool kemudian klik pada paragraf yang akan dibuat menjadi kolom. Pada handle tenganh bawah klik sekali kemudian klik tahan dan geser. Maka tulisan yang ada pada paragraf akan disambung secara otomatis menjadi sebuah kolom. Perpanjang atau lebarkan kolom melalui handle kotak hitam pojok dan samping dengan klik tahan dan geser.

Agar pembuatan kolom sama gunakan guideline yang bisa ditarik ( klik tahan geser ) dari ruler ( view > ruler ) dan kombinasikan dengan fungsi snap to guideline. Selamat mencoba.
Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahlidesain RSS Feed.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s