Just another WordPress.com site

Membuat Logo 3D dengan CorelDraw

    Membuat logo 3D dg CorelDrawTutorial Ilmu Grafis Membuat 3D logo dengan CorelDraw adalah optimalisasi objek Tiga 3 Dimensi yang dibuat menjadi sebuah logo perusahaan. Tutorial ini memanfaatkan objek 2 dimensi yang dirubah dengan transformasi perspektif sehingga objek terlihat dimensional tiga. Sangat mudah dipraktekkan dan bisa digunakan untuk membuat tulisan menyesuaikan dengan bentuk 3 dimensi.

    Pada artikel sebelumnya saya sudah membuat beberapa panduan untuk pemula sehingga beberapa bahasan disini nantinya akan mengarahkan Anda pada tutorial coreldraw tingkat mahir untuk mengaplikasikan beberapa tool dan effect dalam coreldraw sebagai explorasi dan praktek. Sebaiknya Anda membaca tutorial berikut agar mudah memahami dan menerapkan tutorial pada artikel ini.

    1. Memulai CorelDraw

    2. Align And Distribute pada CorelDraw

    3. Memotong, Menggabung dan Operasi Objek Pada CorelDraw

    4. Mewarna Objek dan Garis pada CorelDraw

    5. Mengatur Depan Belakang Objek Pada CorelDraw

    6. Mewarna Gradasi Pada CorelDraw

    7. Moving, Scaling dan Rotating pada CorelDraw

    CorelDraw sebagai aplikasi software desain grafis berbasis vektor tidak menyertakan secara detail untuk pengerjaan objek 3 dimensi yang benar-benar 3 dimensi. Ingat bahwa coreldraw adalah pengolah citra grafis yang bergerak pada mode 2 dimensi. Sehingga untuk menghasilkan objek 3 dimensi adalah teknik kita sendiri sehingga menghasilkan sebuah objek mirip 3 dimensi. Untuk memulai tutorial logo 3 dimensi ikuti langkah-lagka berikut :

    Membuat Logo 3D dengan CorelDraw

    1. Atur preferensi pada properti bar, Unit : milimeter dan Nudge offset : 0.1 mm

    2. Buat poligon 6 sudut dengan menggunakan polygon Tool (Y). Ubah property poligon 6 sudut tersebut menjadi seperti pada gambar dibawah.

    tutorial logo 3d dengan coreldraw

    3. Aktifkan snap to object agar objek dapat elekat pada objek lain.

    4. Buat 3 objek segi empat dengan bezier tool diatas poligon 6 sudut. Pada saat membuat objek 4 sudut arahkan mouse pada pojok poligon sehingga muncul tulisan node dan arahkan mouse pada tengah-tengah poligon hingga muncul tulisan center.

    5. Warnai objek 4 sudut tersebut dengan warna merah, kuning dan hijau. Caranya dengan memilih objek 4 sudut dengan pict tool satu persatu kemudian klik warna pada palete warna (ada disebelah kanan).

    membuat logo 3 dimensi dg coreldraw

    6. Buat persegi dengan ukuran 40 x 40 mm sebanyak 3 buah menggunakan Rectangle Tool.

    7. Dengan teks tool ketik A, enter, ketik B, enter, ketik C sehingga huruf tersebut menjadi sebuah paragraf . Pilih pick tool. Ubah huruf menjadi huruf Arial Black dengan ukuran 100pt.

    Membuat Logo 3 Dimensi dengan CorelDraw

    8. Pilih teks ABC dengan pick tool. Pecah tulisan tersebut dengan cara klik Menu Arrange > Break Artistic Text (CTRL+K)

    9. Seleksi/pilih tulisan A, B, C tersebut menggunakan pick tool dengan cara menekan tombol SHIFT dan klik pada teks ABC. Ubah menjadi kurva dengan cara klik Menu Arrange > Convert to Curve (CTRL+Q). Kemudian klik pada area workspace manapun agar objek tidak terseleksi.

    10. Posisikan teks A berada ditengah-tengah persegi. Klik objek dengan tulisan A, kemudian tekan SHIFT + klik persegi yang sudah dibuat pada point 6. Lalu pilih Menu > Arrange > Align & Distribute > Align Center Horizontally dan Align Center Vertically

    12.Klik kanan pada objek terpilih tersebut ( objek teks A dan persegi) pilih Group

    13. Hilangkan garis pada objek terpilih ( objek teks A dan persegi) dengan cara klik kanan pada palete warna dengan ikon X berwarna putih.

    3D logo tutorial Coreldraw

    14. Ulangi point 10-13 pada teks B dan C pada persegi yang berbeda pada point 6

    15. Aktifkan efek envelope dengan menekan Menu Effects > Envelope ( CTRL+F7)

    Tutorial Logo 3 Dimensi dg CorelDraw

    16. Pilih objek teks A dan persegi dengan Pick Tool kemudian klik tombol Create From pada Docker Envelope. Arahkan panah ke warna merah lalu klik apply pada Docker Envelope sehingga objek berubah menjadi miring.

    17. Pilih objek teks A dan persegi yang sudah digrup dan miring tersebut kemudian SHIFT + Klik pada warna objek 4 sudut berwarna merah. Kemudian tekan tombol keyboard C lalu tekan tombolkeyboard E, ini berfungsi agar objek berada ditengah-tengah onjek. (pahami lagi fungsi ini pada artikel (Align And Distribute pada CorelDraw).

    cara membuat logo 3 Dimensi dg CorelDraw

    18. Ulangi langkah 16 dan 17 pada objek lainnya. Sehingga hasilnya seperti gambar di bawah.

    Tutorial logo 3D dg CorelDraw

    btn_cdr_downloads

    Related posts:

    About these ads

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.