Just another WordPress.com site

Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw

Ilmu Grafis Tutorial Bikin Desain Kaos TShirt dengan Corel Draw sendiri , T-Shirt Template, TShirt, Baju Team Distro, Kaos.cdr serta tutorial desain grafis tee company atau distro dirancang untuk mengetahui bentuk dasar dari baju dan kaos distro. Selain bentuk bajunya, seringkali orang mendesain gambar yang akan ditampilkan sebagai hiasannya. Kadang gambar kartun, gambar bitmap, gambar lucu dan gambar lainnya.
Banyak jenis dan hasil karya desain yang digunakan sebagai produk tee company atau distro. Seperti jumper, Tshirt, Jacket, Jeans, Kaos, Baju, Seragam, sepatu, topi dan banyak lagi lainnya. Kesemua bentuk dari produk tersebut menggunakan bahan-bahan yang berbeda dengan desain yang berbeda pula. Desain berbeda dapat diartikan bahwa teknik pembuatan spesial pada produk tertentu saja. Dalam hal ini kita membahas tentang membuat desain kaos menggunakan coreldraw.
Sebelum Anda melangkah lebih jauh sebaiknya Anda membaca artikel dibawah untuk memudahkan proses pembuatan, terutama bagi Anda pemula yang baru belajar CorelDraw. Untuk yang sudah mahir silakan lanjut saja.
1. Pengaturan Penting Mendesain Dengan CorelDraw
2. Tutorial CorelDraw Menggunakan Bezier Tool
3. Tutorial CorelDraw Menggunakan Shape Tool
4. Tutorial Coreldraw Mewarna Objek dan Garis

5. Moving, Scaling dan Rotating Objek Pada CorelDraw
6. Tutorial CorelDraw Fungsi Snap To
Download Template Kaos dan T-Shirt Vector
1. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 1
2. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 2
3. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 3
4. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 4
5. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 5
Pada tutorial ini kita akan membuat Blank T-Shirt yang nantinya akan digunakan sebagai simulasi dan presentasi desain yang melekat pada kaosnya. Secara mudah kita akan mendesain bentuk kaosnya. Untuk mendesain kaos, ikuti langkah-langkah berikut :
Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw
Langkah 1
Klik bezier tool, dan buat objek kurva seperti gambar di bawah. Pertama buatlah garis yang saling berhubungan berbentuk kaos ( bentuk dasar, mirip kaos saja dulu ) menggunakan bezier tool. Buat melangkung seperti kurva bagian-bagian kaos dengan Shape tool. Klik shape tool pada toolbox, lalu klik di bagian yang akan dilengkungkan misalnya bagian lengan kaos, klik kanan dan pilih convert line to curve. Klik dan geser tanda panah ( handle curve ) yang muncul sehingga mendapatkan lengkungan yang diinginkan.
Langkah 2
Sekarang bagian kerah dan lengan bawah kaos yang kita lengkungkan dengan tool dan cara yang sama. Gunakan make node smooth untuk menghaluskan sambungan di lengan baju.
Langkah 3
Buat lekukan bagian bawah kaos, samping kanan dan kiri. Sebelumnya tambahkan dulu 2 node sebelah kiri dan 1 node sebelah kanan kaos. Lalu lekukan dengan cara yang sama menggunakan convert line to curve. Beri warna sesuai keinginan sobat.
Langkah 4
Selanjutnya kita buat kurva untuk dijadikan sebagai lipatan kaos agar lebih menarik dan hidup. buat sembarang kurva seperti gambar di bawah, lalu lekukan bagian-bagian kurva dengan cara yang sama pula dengan langkah sebelumnya.
Langkah 5
Jika seluruh kurva sudah membentuk lengkungan yang diinginkan, beri warna kurva dengan warna yang lebih tua dari warna kaos dan hilangkan garis pada kurva, klik line tool pada toolbox–>klik tanda silang.
Langkah 6
Letakan kurva tersebut di lengan kanan sebagai lipatan kaos. Agar objek bayangan ini yang berada diluar garis kaos hilang atau sesuai dengan bentuk kaos, gunakan instersect dan hapus aslinya.
Langkah 7
Buat lagi lipatan kaos, tangan sebelah kiri dengan cara seperti tadi.

Langkah 8
Buat 5 buah kurva berbentuk seperti daun bambu, letakkan kurva-kurva tersebut seperti ini:
Langkah 9
Buat dua persegi panjang yang saling menimpa menggunakan bezier tool kemudian lengkungkan dengan convert line to curve. Sesuaikan dengan lengkungan kaos bagian leher seperti gambar di bawah, sekali lagi jika ada objek ini ada yang berada di luar garis kaos gunakan intersect dan hapus aslinya. Beri warna yang lebih muda dari warna kaos seperti ini:
Langkah 10
Terakhir pasang desain yang Anda buat atau desain yang sudah ada seperti vertor floral desain yang telah saya berikan di sini. Misalnya desainnya seperti ini:
Langkah 11
Letakkan di mana saja sobat mau, misalnya diletakkan di tengah. Perkecil ukuran atau sesuaikan dengan desain kaos selanjutnya pindahkan sesuai dengan letak yang Anda mau menggunakan pick tool.

Saya mengikutkan source cdr untuk kebutuhan pembelajaran.
Download
Download kaos.cdr.part1.rar
Download kaos.cdr.part2.rar
Download kaos.cdr.part3.rar
Untuk Anda pengguna Photoshop silakan mampir pada artikel Membuat Desain T-Shirt dengan Photoshop.
Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahlidesain RSS Feed.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.